Sabtu, 04 April 2015

Ponsel Samsung Ini Pakai "Hard Disk" Komputer

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Pada umumnya perangkat hard disk disematkan sebagai ruang penyimpanan data pada komputer. Meski demikian, hard disk pernah menjadi perangkat penyimpanan sebuah ponsel.

Ponsel tersebut adalah SPH-V5400 buatan Samsung. Hard disk yang dimaksud benar-benar yang biasa digunakan pada komputer, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Ukurannya sekitar 1 inci saja.

Kapasitas penyimpanannya memang hanya 1,5 GB, tidak sebesar smartphone yang ada saat ini. Ponsel Samsung ini dibekali layar LCD 320 x 240 piksel, layar tambahan OLED, dan kamera 1,3 megapiksel.

Mengapa hard disk dipilih Samsung, bukannya flash drive? Pada 2004, masa ketika ponsel itu meluncur, media penyimpan data berbasis flash tersebut tergolong belum memadai. Terutama bila mengingat harga kartu flash memori pada masa itu masih sangat mahal.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (26/1/2015), penggunaan hard disk ala komputer itu membuat ponsel ini menarik. Pasalnya, hard disk tidak cocok digunakan dalam perangkat genggam. Media penyimpanan yang menggunakan cakram berputar tersebut rapuh dan mudah rusak jika jatuh.

Meski kenyataannya seperti itu, Samsung masih santai saja meluncurkan penerus V5400. Pada 2005, raksasa elektronik Korea Selatan itu meluncurkan SGH-I300 yang menawarkan penyimpanan hard drive sebesar 3 GB.

0 komentar:

Posting Komentar